Inspektorat Ngawi gelar Bimtek Pemeriksaan atas Pengelolaan Keuangan Desa

Selama 3 (tiga) hari mulai 11-13 Oktober 2023 Inspektorat Kabupaten Ngawi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa bertempat di Surabaya. Tujuan penyelenggaraan Bimtek adalah untuk meningkatkan pemahaman Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) tentang Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa.

Kegiatan bimtek dibuka oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Ngawi, bapak Nur Arif Rahmanto, S.Sos., M.Si. Narasumber acara berasal dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur, diantaranya bapak Rusli Effendi, S.E.,Ibu Puri Yuniati, S.E., dan Jayatri Andarini, S.A.Sedangkan peserta merupakan Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III, IV dan para JFT dan PPUPD Inspektorat Kabupaten Ngawi. 

Narasumber dalam acara menyampaikan materi terkait implementasi aplikasi SISWASKEUDES (Sistem Pengawasan Keuangan Desa). Aplikasi SISWASKEUDES merupakan alat atau tool yang dapat digunakan oleh APIP dalam pengawasan atas pengelolaan keuangan desa dengan pendekatan berbasis risiko dan teknik audit berbantuan komputer. Aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu APIP dalam melaksanakan tugas pengawasan pengelolaan keuangan desa.

Loading